Blog entry by Admin User

Picture of Admin User
by Admin User - Tuesday, 6 November 2012, 5:36 PM
Anyone in the world

UPT e-Learning UNPAD

Alamat: Gedung Cisral Lantai 1 Jln. Dipati Ukur No 46 Bandung
Telepon:  022-2533833
Faksimile: 022-2533833
Email: elearning@unpad.ac.id
Website: http://elearning-dev.unpad.ac.id/

Unit Pelakasana Teknis (UPT) E-Learning Universitas Padjadjaran didirikan untuk menjembatani jarak, waktu, dan berbagai kondisi yang dapat menghalangi kegiatan pembelajaran. Bukan hanya itu, e-Learning juga hadir untuk mengoptimalkan penggunaan teknologi sebagai upaya memaksimalkan hasil belajar.

e-Learning memiliki berbagai layanan guna mengoptimalkan kegiatan belajar mengajar, di antaranya adalah Training Services/Layanan Pelatihan yang dapat dilakukan baik secara in-house, in-service, maupun public training. Beberapa pelatihan yang kami selenggarakan adalah:

  • e-Learning Training
  • Desktop Applications Training
  • Networking Training
  • Multimedia Training
  • Management Services Training
  • Scientific writing tools Training
  • Weblog Training

Selain itu, e-Learning Unpad pun melalui kerja sama  dengan para dosen membangun mata kuliah online yang dapat diakses oleh mahasiswa, serta dilakukan pula e-Learning Consulting baik menggunakan beberapa saluran maupun langsung mengenai proses pembelajaran bermedia elektronik ini. Hal yang dikonsultasikan berupa: how to design online course, how to create good online course, how to design content, online course management dll.

UPT e-Learning Universitas Padjadjaran tahun 2012 menorehkan sejarah dengan beberapa kegiatan yang mendukung Renstra Unpad dalam memanfaatkan Teknologi Informasi untuk kegiatan Tridharma khususnya peningkatan kualitas Proses Belajar Mengajar, dengan menyelenggarakan Kuliah Online Terintegrasi untuk beberapa mata kuliah. Satu di antaranya adalah mata kuliah Bidang Studi yaitu Pendidikan Kewarganegaraan (PKn) dimana diangkat sebagai kuliah perdana bagi mahasiswa baru Unpad angkatan 2012. Kuliah perdana ini dilakukan secara serentak bagi seluruh mahasiswa baru dari 16 fakultas yang ada dengan menggunakan video conference dan streaming pada Senin 3 September 2012 yang lalu. Prof. Ganjar Kurnia yang juga Rektor Unpad menjadi dosen tamu untuk mata kuliah ini dengan materi mengenai Tanggung Jawab Warga Negara.

Di Unpad, e-Learning sudah ada sejak tahun 2003 yang mengalami beberapa perubahan baik secara struktur organisasi maupun aktivitasnya. Tahun 2012 ini, e-Learning merupakan UPT yang bernaung di bawah koordinasi Wakil Rektor I sesuai dengan SK Rektor No 25/UN6.RKT/KP/ 2012. E-Learning Unpad didirikan untuk menjembatani jarak, waktu, dan berbagai kondisi yang dapat menghalangi kegitan pembelajaran. Bukan hanya itu, e-Learning juga hadir untuk mengoptimalkan penggunaan teknologi sebagai upaya memaksimalkan hasil belajar. Hal ini sejalan dengan misi Unpad: Melaksanakan manajemen pendidikan, penelitian, dan pengabdian kepada masyarakat. Demikian pula menghasilkan lulusan yang beriman, cerdas, mandiri, dan berbudaya. Menjadikannya sebuah institusi dengan visinya dengan keharusan untuk masuk dan terlibat dalam pengembangan dan pemanfaatan ICT.

Di Universitas Padjadjaran, aktivitas pembelajaran online telah diselenggarakan sejak 2003. menggunakan fasilitas e-learning 479 dosen dengan 332 mata kuliah yang telah mengikuti pelatihan dengan menggunakan LMS WebCT (E-learning Unpad, 2008). Sejak Juni 2010, tim pengelola e-learning memutuskan untuk tidak mengembangkan LMS WebCT dengan melakukan pelatihan penggunaannya kepada dosen. Hal ini disebabkan aspek legalitas penggunaan LMS ini sudah expire sejak beberapa waktu yang lalu. tersebut, tim e-learning memutuskan segera melakukan migrasi dengan cara memodifikasi LMS Moodle yang sifatnya open source untuk dapat dimanfaatkan dalam kegiatan kuliah online. Modifikasi telah dilaksanakan dan sejak Juli 2010 sudah dilakukan pengenalan dan penggunaannya. Universitas Padjadjaran melalui tim pengelola e-learning sejak pertengahan tahun 2010 telah menggunakan LMS Moodle dengan melakukan pelatihan-pelatihan kepada para dosen agar menerapkan kuliah online berbasis LMS. Bahkan Tim E-Learning Unpad sejak awal 2009 yang secara struktur organisasi dipimpin seorang ketua dan didampingi sekretaris serta dua Divisi yaitu Divisi Content dan Divisi Pelatihan merasa perlu untuk lebih proaktif lagi melakukan berbagai kegiatan untuk melibatkan lebih banyak dosen dalam proses belajar mengajar dengan e-learning serta adanya sistem pembelajaran berbasis IT dengan standar yang memadai segera direalisasikan.

[ Modified: Sunday, 14 April 2013, 1:45 PM ]

  
Skip Navigation

Navigation